17 Februari 2014

Bandung #25 : Liburan Telah Usai

Ada perasaan nggak ingin cepat mengakhiri liburan saya di kota kelahiran, Bandung. Rasanya masih ingin tetap lebih lama di rumah, walaupun nggak ada agenda khusus apapun, tapi di rumah membuat saya nyaman. Di rumah, saya bisa bertemu ayah, ibu, adik dan saudara-saudara lainnya kapanpun saya mau, bahkan bisa berjumpa dengan sahabat-sahabat yang sudah lama tak saya jumpai. Kalau dibilang ingin terus disini, tentu saya jawaban saya adalah iya, iya banget. Berat rasanya untuk meninggalkan rumah. Kalau dikasih waktu lagi, saya pengen memperpanjang waktu itu sampai saya benar-benar merasa bosan di rumah.
 

Hampir sebulan saya habiskan waktu di rumah, meninggalkan segala rutinitas dan tugas yang biasanya saya kerjakan di Jember, bahkan skripsi pun saya skip sementara (maaf Pak Dedy, tidak bermaksud saya melupakannya ^_^v). Memang sih, jatah waktu saya liburan di rumah cuma 2 minggu, tapi saya curi waktu 2 minggu lagi karena rasanya nggak cukup kalau liburan di rumah hanya sebentar.

Ya, perjalanan yang memakan waktu hampir 24 jam juga sudah setahun tidak pulang membuat saya lebih ingin bertahan lama disini, di rumah, melihat ibu, ayah, adik, semuanya. Adik saya yang mau ujian masuk kuliah bulan depan pun jadi faktor yang mendorong saya untuk pulang ke rumah. Tidak ada yang membimbingnya untuk persiapan secara intensif. Maklumlah, keluarga kami belum sanggup untuk menyewa tentor ataupun mendaftarkannya ke bimbingan belajar. Cukuplah dengan belajar sendiri secara rutin. Itulah yang membuat saya ingin pulang juga.

Kalau boleh meminta, saya tak ingin kembali. Aih, bukan nggak mau ketemu teman-teman kampus dan pacar, bukan itu. Tapi kerinduan akan suasana rumahlah yang membuat saya berat untuk kembali. Tapi saya nggak boleh begini, liburan telah usai Des :')

Ada satu tanggung jawab lagi yang harus saya selesaikan di Jember, menyelesaikan skripsi. Tanggung jawab yang harus saya penuhi untuk memperoleh gelar Sarjana. Saya tak ingin mengecewakan keluarga yang sudah banyak berkorban tenaga dan materi untuk membiayai kuliah saya disini, meskipun sekarang harus membiayai dengan usaha saya sendiri. Tapi doa selalu terpanjatkan yang mengiringi saya untuk perjuangan saya disini sampai selesai.

Liburan telah usai Des, saatnya kembali menjalani tugas sebagai seorang mahasiswa, menyelesaikan semuanya sampai tuntas. Tinggal beberapa bulan lagi sampai nantinya bisa mendapat gelar sebagai seorang Sarjana Teknik. Impian ayah, ah tidak, impian semua keluarga saya. Sayang kalau saya harus berhenti di tengah jalan, sayang banget.

Tetap semangat, tetap ceria menjalani segala lika-liku mengerjakan skripsi. Tetap bayangkan bahwa masa depan cerah bisa dicapai dengan usaha yang keras juga. Biarlah rasa rindu ini tetap terpendam, karena nantinya akan terbayarkan dengan sebuah kebanggaan yang ditunggu-tunggu selama 4 tahun lamanya :)

4 komentar:

  1. selamat kembali di dunia kampus ya *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya mbak, walau sekarang ke kampus cuma nemuin dosen pembimbing doang :D

      Hapus
  2. Selamat ngampus lagi ya.
    Semangat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, iya kang, semangat semangat walau sedih tetap semangat :D

      Hapus